Jumat, 08 April 2011

CARA BELAJAR EFEKTIF MENGHADAPI MID SEMESTER

 5 (lima) langkah yang dapat dilakukan dan kembangkan sendiri agar sukses dalam menghadapi mid semester.
1.      Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
Bertanggung jawab dalam melaksanakan prioritas belajar, agar tidak terganggu dengan kegiatan yang lain. Buatlah jadwal belajar sendiri, dan tentukan pelajaran apa yang akan dipelajari.

2.      Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
Terapkan prinsip atau pendirian yang kuat agar kamu tidak terpengaruh oleh orang lain. Misalnya, kamu ragu dalam mengerjakan soal. Jangan percaya saja dengan jawaban dari temanmu. Percaya pada kemampuanmu agar kamu puas dengan hasil kerjamu sendiri

3.            Kerjakan dulu mana yang penting.
Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
Tujuanmu adalah belajar agar bisa berhasil dalam menghadapi mid semester. Jangan terpengaruh oleh orang lain untuk melakukan sesuau yang di luar kehendakmu.

 4     Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win” lagi).
“Co-opetition” merupakan gabungan dari kata “cooperation” (kerja sama) dan “competition” (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan /ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
Kerjasama memang perlu, tetapi persaingan juga dibutuhkan agar kamu bisa terpacu agar bisa menghasilkan yang terbaik dan membuat bangga dirimu.

5      Cari solusi yang lebih baik.
Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar